6 Wisata Alam yang Terbentuk dari Letusan Gunung

Dunia4d

6 Wisata Alam yang Terbentuk dari Letusan Gunung

6 Wisata Alam yang Terbentuk dari Letusan Gunung

6 Wisata Alam yang Terbentuk dari Letusan Gunung

Sebagian permukaan bumi terbentuk akibat aktivitas vulkanik letusan gunung api sejak jutaan tahun silam. Pembekuan magma yang menjadi basal tersusun dalam sebuah kawasan menyuguhkan pemandangan yang memikat.

Bebatuan dan bentang alam yang dipengaruhi aktivitas vulkanik serta letusan gunung pada masa lampau kemudian dikelola menjadi objek wisata yang menarik. Sejumlah negara memiliki kawasan wisata alam yang terbentuk dari aktivitas vulkanik.

Mengutip The Travel, berikut wisata alam di beberapa negara yang terbentuk karena letusan gunung api:

1. Giant’s Causeway, Irlandia Utara
Giant’s Causeway adalah objek wisata di Irlandia Utara yang memiliki susunan kolom basal. Basal di sana berupa batuan berwarna gelap akibat pembekuan lava dari gunung api. Kebanyakan kolom basal ini berbentuk heksagon atau segi enam.

Giant’s Causeway terletak di County Antrim. Giant’s Causeway telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau UNESCO pada 1986.

2. Vulcan Point, Filipina
Vulcan Point adalah pulau kecil yang berada di tengah danau. Danau tersebut berada di tengah gunung api. Mengutip Atlas Obscura, di dalam kawasan danau itu terdapat Gunung Taal dengan kaldera yang terbentuk ratusan ribu tahun silam. Kaldera itu penuh air, sehingga menjadi danau kawah. Pada bagian tengah danau kawah itu terdapat sebuah pulau kecil. Itulah Vulcan Point.

3. Hvítserkur, Islandia
Hvítserkur adalah tumpukan basal yang tingginya 15 meter di Teluk Teluk Húnaflói. Hvítserkur adalah tempat bertelur berbagai spesies burung.

4. City of Rocks State Park, New Mexico
City of Rocks State Park memiliki ratusan kolom batu dan beberapa di antaranya setinggi 12 meter. Aktivitas vulkanik gunung api membentuknya menjadi taman batuan sekitar 30 juta tahun yang lalu. Bila dilihat dari jauh, tumpukan batu itu sepertinya biasa saja. Namun bila mendekat akan terasa sedang berada di hutan batu raksasa.

5. Pulau Staffa, Skotlandia
Pulau Staffa tampak seperti tumpukan kolom basal yang mirip rumah bangsa Viking, yang terbuat atas batang kayu yang ditempatkan secara vertikal. Pulau Staffa menjadi hunian satwa liar. Di Pulau Staffa ada Gua Fingal, yang dindingnya menyerupai susunan balok.

6. Devils Tower, Wyoming
Devils Tower adalah monolit atau bongkahan batu besar bagai pilar, tingginya 386 meter. Pembentukannya secara intrusi, penerobosan magma ke dalam batuan. Susunan batu tersebut merupakan Monumen Nasional Amerika Serikat, ditunjuk oleh Presiden Theodore Roosevelt pada 1906.