Dieng Plateau Dan Destinasi Wisatanya Yang Ciamik

Dunia4d

Dieng Plateau Dan Destinasi Wisatanya Yang Ciamik

Dieng Plateau Dan Destinasi Wisatanya Yang Ciamik

Dieng Plateau Dan Destinasi Wisatanya Yang Ciamik

Negara Indonesia selain kaya akan keanekaragaman suku dan budaya, juga memiliki keindahan alam nusantara yang menakjubkan mulai dari pantai, laut, gunung, air terjun, dan masih banyak lagi. Keindahan alam tersebut mempunyai pesona dan keistimewaannya masing-masing.

Dari keindahan alam ini, Indonesia memiliki beragam obyek wisata yang cukup banyak di kunjungi oleh para wisatawan. Salah satu obyek wisata tersebut adalah obyek wisata Dieng Plateau yang berlokasi di Jawa Tengah.

Dieng Plateau merupakan sebuah dataran tinggi Dieng yang diapit oleh dua Kabupaten yaitu Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara. Obyek wisata Dieng Plateau ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar kota, bahkan sampai ada yang datang dari mancanegara.

Pengunjung yang datang ke Dieng rata-rata ingin menikmati obyek wisata maupun turut hadir dalam pelaksanaan tradisi keagamaan yang diselenggarakan oleh masyarakat Dieng. Udara yang sejuk, pertanian luas, pegunungan yang indah, danau yang alami serta budaya dan kuliner yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Sejak dahulu Dieng Plateau sudah menjadi tujuan utama untuk berwisata bagi para peziarah, selain karena memiliki sejarah yang cukup banyak, hal ini dikarenakan Dieng memiliki lahan yang luas dan menantang bagi para peniliti. Dieng sendiri mempunyai makna yaitu dari kata Sansekerta diyang atau dihiyang yang berarti dataran tinggi yang terbentuk akibat letusan-letusan gunung berapi di sekitar.

Berikut ini beberapa obyek wisata yang ada di Dieng Plateau yang biasa dikunjungi oleh para wisatawan :

  • Candi Arjuna

Candi ini merupakan kompleks candi terbesar yang ada di Kawasan Dieng, terletak di Desa Dieng Kulon , Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Di dalam kompleks tersebut terdapat lima bangunan candi yakni Candi Arjuna, Candi Srikandi, Candi Semar, Candi Puntadewa dan Candi Sembadra.

Biasanya para wisatawan berkunjung ke candi ini pada saat awal Agustus, karena candi Arjuna merupakan lokasi dilaksanakannya acara tahunan Dieng yaitu Dieng Culture Festival. Para pengunjung dapat melihat langsung budaya Dieng secara lebih mendalam melalu acara tersebut.

  • Kawah Sikidang

Menurut sejarah, kawah Sikidang merupakan kawah yang berasal dari hewan kidang, di mana hewan tersebut identik dengan kebiasaannya yang melompat dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Dinamakan seperti demikian karena kawah Sikidang ini terkenal dengan peristiwa kolam kawahnya yang bisa berpindah tempat, peristiwa tersebut biasa terjadi dalam kurun waktu kurang lebih empat tahun sekali.

Kawah Sikidang terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Kawasan ini mudah dijangkau karena lokasinya pun dekat dengan Candi Arjuna. Harga tiket masuk lokasi ini yaitu Rp15 ribu per orang dan buka setiap hari pukul 07.00-16.00 WIB.

  • Gunung Prau

Bagi para wisatawan yang menyukai olahraga naik gunung, destinasi ini sangat cocok untuk dikunjungi. Gunung Prau ini memiliki ketinggian 2.565 meter diatas permukaan laut (mdpl) terletak di perbatasan antara tiga Kabupaten yakni Kabupaten Kendal, Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Batang.

Pendakian Gunung Prau ini bisa dilewati melalu Dieng, Wates, Patak Banteng dan Kalilembu. Jalur yang dimiliki oleh Gunung Prau ini cukup mudah sehingga bisa dilakukan oleh para pendaki yang baru pertama kali mendaki atau pendaki awam. Namun, harus tetap mematuhi prosedur-prosedur yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola Gunung Prau.

  • Bukit Sikunir

Bagi wisatawan yang senang melihat keindahan langit di pagi hari, bukit Sikunir ini cocok untuk dijadikan destinasi wisata. Bukit ini terletak di Desa Sembungan, Kabupaten Wonosobo. Bukit Sikunir ini memiliki ketinggian 2.300 mdpl dan merupakan alternatif bagi para pendaki yang memang belum bisa atau tidak ingin menaiki Gunung Prau.

  • Batu Ratapan Angin

Di tempat wisata ini pengunjung bisa menikmati keindahan tebing-tebing dan telaga yang berwarna hijau. Batu Ratapan Angin ini terletak di sekitar bukit kawasan Dieng Plateau Theatre.

Konon katanya dua buah batu besar yang terdapat pada tempat tersebut merupakan hasil kutukan dari seorang pangeran yang dikhianati oleh pasangannya, kemarahan sang pangeran tersebut mengakibatkan ia mengutuk sang putri dan juga selingkuhannya. Untuk mengunjungi wisata ini para wisatawan cukup menyiapkan uang sebesar Rp 10 ribu saja per orang.

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung?