Wajib Kamu Cicip, Ini 6 Olahan Siput, Keong, dan Bekicot ala Nusantara

Dunia4d

Wajib Kamu Cicip, Ini 6 Olahan Siput, Keong, dan Bekicot ala Nusantara

Wajib Kamu Cicip, Ini 6 Olahan Siput, Keong, dan Bekicot ala Nusantara

Wajib Kamu Cicip, Ini 6 Olahan Siput, Keong, dan Bekicot ala Nusantara

CASINO ONLINE – Indonesia memang dikenal akan kekayaan kulinernya. Beragam bahan pun telah dijajal untuk disulap sebagai menu pengganjal perut bagi penduduk lokal hingga turis mancanegara. Tak ketinggalan, siput, keong, dan bekicot ternyata turut pula menjadi ide segar dalam olahan masakan ala Nusantara, nih.

1. Sate Bekicot

Sate Bekicot atau Sate 02 banyak dijumpai di daerah Jawa Timur, terutama Kediri. Tekstur daging bekicot yang kenyal dan lembut ternyata sangat pas dipadukan dengan bumbu kacang yang gurih. Nah, pengolahannya harus teliti supaya tak malah terasa amis.

2. Gulai Cipuik

Santapan ikonik dari Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, tersebut dimasak dengan bumbu rempah yang kaya sehingga citarasanya pun pekat. Mulai dari lengkuas, serai, daun salam, gula, garam, dan merica bubuk. Nah, gulai ini juga dikenal dengan nama Gulai Lengkitang.

3. Keripik Bekicot

Kudapan tersebut diolah dengan campuran garam, rempah-rempah dasar, dan bawang putih. Usut punya usut, Keripik Bekicot diklaim memiliki segudang manfaat, lho. Contohnya, meredakan nyeri, mengobati gatal-gatal, hingga meredakan batuk.

4. Sayur Kraca

Sajian khas dari Banyumas ini menyuguhkan citarasa pedas yang gurih lagi segar. Sesuai namanya, Sayur Kraca, memang diolah menggunakan Kraca alias keong sawah, sebagai bahan utamanya. Selanjutnya, keong tersebut dibumbui dengan cabe merah, bawang putih, bawang merah, hingga jahe, kunyit, serta lengkuas.

5. Pais Siput Gonggong

Pais Siput Gonggong merupakan kuliner tradisional dari Kampung Melayu, Kepulauan Riau. Makanan ini kerap dijadikan alternatif panganan harian oleh para penduduk lokal. Sepintas, citarasa dagingnya yang kenyal dan gurih itu mirip sotong atau cumi.

6. Gonggong rebus

Daging siput yang lembut dan tak berlendir ini lantas direbus, kemudian disantap dengan cara mengeluarkan daging dari cangkangnya menggunakan tusuk gigi. Supaya semakin nikmat, Gonggong rebus kerap disantap bersama saus sambal khas Batam, Kepulauan Riau.

Gimana, guys? Tertarik berburu siput, keong, dan bekicot untuk diolah menjadi santap siangmu nanti?

Dunia4d